Lp2km 15 Des 2016

Lp2km UIR Kembali akan Taja Pelatihan AA Mandiri Bagi Dosen

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Kontrol Mutu (Lp2km) Universitas Islam Riau (UIR) bekerja sama dengan Kopertis Wilayah X kembali akan menaja Pelatihan Applied Aproach (AA) Mandiri pada tanggal 19-21 Desember pekan depan. Pelatihan ini rencananya akan melibatkan sebanyak 130 peserta dari kalangan dosen.

Menurut Ketua Lp2km UIR Sri Rezeki, Kamis (15/12) pelatihan AA Mandiri ini diadakan dalam rangka meningkatkan keterampilan pedagogic bagi dosen di lingkungan UIR. Sehingga nantinya dosen di UIR tidak hanya mahir dalam hal penguasaan materi, tapi juga diharapkan memiliki kemampuan mengelola kelas juga memiliki peran dalam keberhasilan proses belajar mengajar.

“Permasalahan apa yang ada di kelas, pengidentifikasian, dan tindakan yang tepat agar observasi kelas dan tujuan akhir dari proses belajar mengajar bisa tercapai, itulah nanti harapkan kita bisa dilakukan oleh dosen setelah mengikuti pelatihan AA mandiri ini,”jelas Sri Rezeki.

Dikatakan Sri Rezeki, pelatihan ini akan dilaksanakan selama tiga hari di Kampus UIR dengan peserta adalah dosen-dosen yang belum pernah mengikuti pelatihan AA Mandiri.

“Target peserta kita adalah 130 dosen yang belum pernah mengikuti pelatihan AA Mandiri ini, tapi juga nantinya tidak menutup kemungkinan dosen dari luar UIR bisa ikut juga dalam pelatihan ini,” kata Sri Rezeki.

“Dosen yang mengikuti pelatihan ini kita harapkan serius, makanya bagi peserta ada formulir komitmen mengikuti pelatihan yang harus diisi. Karena kita nanti tidak mau ada peserta yang tidak mengikuti seluruh sesi dari pelatihan,”sambungnya.

Dalam pelatihan AA Mandiri nantinya, peserta akan diberi  materi berupa Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi dan Daya Saing lulusan, Pengembangan diri seorang dosen, Pengembangan kurikulum, Pengembangan matakuliah, Metode pembelajaran soft skill, Teknik penilaian kelas, Metode pembelajaran berbasis TIK, Metode penilaian untuk softskill, Bahan Ajar (modul, diktat, buku ajar) dan Penelitian tindakan kelas.

 

[ Adm-UIR ]